BIDANG PENDIDIKAN

 

Berdasarkan keputusan Pengurus Yayasan Ni’matul Ittihad Japos pada pertemuan tanggal 29 Mei 2008 dibentuklah Bidang Pendidikan untuk menjalankan fungsi pendidikan termasuk didalamnya pengelolaan Taman Pendidikan Al Qur’an secara lebih professional dan mempunyai sistim control yang sesuai dengan kaidah-kaidah pengelolaan suatu organisasi, pelaksana tugas yang jelas tanggung-jawabnya serta mempunyai rencana jangka pendek maupun jangka panjang yang terukur meliputi sistim pelaporan yang transparan.

 

Semula lokasi Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) ini berlokasi di sebuah rumah di lingkungan Perumahan Japos Graha Lestari yang difungsikan sebagai juga sebagai Mesjid Ni’matul Ittihad, dan seiring dengan telah berdirinya Masjid Jami’ An-Ni’mah maka sejak tahun 2008 menempati lantai 2 Masjid Jami’ An-Ni’mah. Dan bila bangunan fisik TPA yang berlokasi di belakang bangunan Masjid Jami’ An-Ni’mah ini telah direalisasikan, maka pelaksanaan pendidikan TPA akan dipindahkan ke lokasi yang baru tersebut.

 

Adapun peran Bidang Pendidikan ini dalam masyarakat diharapkan dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat muslim Perumahan Japos Graha Lestari dan sekitarnya dalam hal pendidikan yang bermutu dengan biaya yang terjangkau, menyelenggarakan pendidikan denagn dasar agama Islam serta meningkatkan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan agama bagi warga muslim Perumahan Japos Graha Lestari dan sekitarnya.

 

Kurikulum yang diterapkan dalam TPA ini diselaraskan dengan kurikulum Departemen Agama Republik Indonesia yang diperkaya oleh kurikulum lokal yang telah disusun oleh ustadz/ustadzah sesuai keahlian masing-masing.

 

Sejak berdirinya hingga saat ini jumlah santri TPA untuk setiap tahunnya selalu lebih dari 200 santri yang terbagi dalam jenjang/kelompok/kelas TKA, TKB, SD, SMP dan SMA.

 

Sebagai sebuah bidang dalam yayasan yang mengelola pendidikan, yang walaupun menitik beratkan pada fungsi sosial, akan tetap saja memerlukan dukungan finansial untuk mengoperasikannya. Hingga saat ini dukungan finansial ini berasal dari infaq bulanan para santri yang bersifat tetap dan rutin, dan juga melalui sejumlah infaq dan shadaqah yang bersifat temporer.

 

Kepengurusan Bidang Pendidikan Periode 2008 – 2013 dijabat oleh Sdr Budi Supriyatna sebagai ketua dan Hj Ria Samsul sebagai wakil ketua, sedangkan untuk periode 2013 – 2018 dijabat oleh Sdr Mustapha sebagai ketua dan Sdr Doddy Setyo sebagai wakil ketua.